Sumber foto: http://assets-a2.kompasiana.com/items/album/2016/07/09/kriyek2-5780a3adb393730d0a43e44d.png?t=o&v=760
Majoritas masarakat Patjiran sangat toat beribadah semua itu bisa dilihat dari banjaknja bangunan Masdjid dan Musholla serta mendjadi basis utama dari pondok pesantren pedesaan jang mingsih alami. pada bulan puwasa aktifitas belandja kebutuhan pokok masjarakat pun bergeser pada siang, dan sore. Salah satu tjontoh jang paling mentjolok adalah pasar Krijek, jang biasanja buka pada pagi hari setelah sholat Subuh kini pada bulan puwasa pasar Krijek beradaptasi sesuwai dengan kebutuhan pasaran dan berubah mendjadi buka siang hari sekaligus posisi pasarnja sedikit bergeser ke dalem atawa lebih tepatnja lebih ke selatan pada simpang empat nomor dua dari djalan Pasar Lama 1.
Salah satu kegiatan ekonomi kerakjatan jang patut Tuan dan Nona kagumi dari masyarakat Patjiran adalah berputarnja roda ekonomi kerakjatan jang terbebas dari kepandjangan tangan penguwasa, untuk perkara jang satu ini masjarakat Patjiran tidak bersikap pasif, bisa dikataken merebut ruwang publik setjara sepihak, se-akan² punja hak otonomi khusus dalam bidang ekonomi, pikiran alam bawah sadarnja tidak bisa tunduk pada buwalan retorika pasar ideal dan itu dipraktekken dalem kehidupan jang njata bukan hanja sekedar watjana. Pasar Krijek mendjadi bukti dari masjarakat jang sungguh² merdeka dan berdaulat tanpa menggantungken segala nasib ekonominja pada aturan model pasar modern dengan simbol² kemadjuan, kebersihan dan kemakmuran jang semu.
Sendi² aktifitas ekonomi kerakjatan kita jang terwudjud dalam Pasar Krijek hendaknja mendjadi dasar daripada kebutuhan pokok, hal ini tidak bisa kita kesampingken begitu sadja, kenjataan ini untuk menghindari pengelolaan pasar Krijek jang salah urus pada masa jang akan datang, jang mana ketika jang pokok menjadi nomor dua dan jang tidak pokok dipaksaken dengan segala tjara mendjadi jang utama.
Segala sumber kebutuhan ekonomi kerakjatan kita mesti se-bisa²nja kita penuhi sendiri dan kita tidak boleh terdjebak pada samar² pertumbuhan ekonomi, apalagi kalau hanja menuruti program penguwasa jang belum tentu sesuwai dengan harapan masjarakat lokal itu sendiri, tentu tuan dan nona sudah tahu bahwa bukan rahasia publik lagi kalau kerdja² riset dinegeri ini minim sekali, sehingga banjak program jang tidak tepat sasaran. Satu²nja kerdja riset jang bagus di negeri ini hanja riset soal politik, hal itu karena ditopang oleh pendanaan jang bagus, dan sialnja hasil riset itu lebih sering digunaken kembali untuk mentjurangi dan membodohi rakjat.
Disatu sisi pasar Krijek sendiri mendjadi sumber ekonomi jang berbasis kerakjatan jang mandiri. Namun djika dilihat dari disisi jang lain pasar Krijek djuga mentjiptakan dampak negatif pada lingkungan terdekatnja, pelbagai kenjataan dalem masjarakat itu tidak bisa kita dipungkiri, gambaran njata dari kenjataan jang ada ini membentuk tantangan baru untuk ditjari solusi bersama dalem kaitan untuk saling menguatken antar penduduknja agar terjalin asas manfaat jang saling ber-hubung²an dalem ikatan masjarakat jang saling menguntungken tanpa menimbulkan luka atawa kemungkinan bias kepentingan sesaat.
Majoritas masarakat Patjiran sangat toat beribadah semua itu bisa dilihat dari banjaknja bangunan Masdjid dan Musholla serta mendjadi basis utama dari pondok pesantren pedesaan jang mingsih alami. pada bulan puwasa aktifitas belandja kebutuhan pokok masjarakat pun bergeser pada siang, dan sore. Salah satu tjontoh jang paling mentjolok adalah pasar Krijek, jang biasanja buka pada pagi hari setelah sholat Subuh kini pada bulan puwasa pasar Krijek beradaptasi sesuwai dengan kebutuhan pasaran dan berubah mendjadi buka siang hari sekaligus posisi pasarnja sedikit bergeser ke dalem atawa lebih tepatnja lebih ke selatan pada simpang empat nomor dua dari djalan Pasar Lama 1.
Salah satu kegiatan ekonomi kerakjatan jang patut Tuan dan Nona kagumi dari masyarakat Patjiran adalah berputarnja roda ekonomi kerakjatan jang terbebas dari kepandjangan tangan penguwasa, untuk perkara jang satu ini masjarakat Patjiran tidak bersikap pasif, bisa dikataken merebut ruwang publik setjara sepihak, se-akan² punja hak otonomi khusus dalam bidang ekonomi, pikiran alam bawah sadarnja tidak bisa tunduk pada buwalan retorika pasar ideal dan itu dipraktekken dalem kehidupan jang njata bukan hanja sekedar watjana. Pasar Krijek mendjadi bukti dari masjarakat jang sungguh² merdeka dan berdaulat tanpa menggantungken segala nasib ekonominja pada aturan model pasar modern dengan simbol² kemadjuan, kebersihan dan kemakmuran jang semu.
Sendi² aktifitas ekonomi kerakjatan kita jang terwudjud dalam Pasar Krijek hendaknja mendjadi dasar daripada kebutuhan pokok, hal ini tidak bisa kita kesampingken begitu sadja, kenjataan ini untuk menghindari pengelolaan pasar Krijek jang salah urus pada masa jang akan datang, jang mana ketika jang pokok menjadi nomor dua dan jang tidak pokok dipaksaken dengan segala tjara mendjadi jang utama.
Segala sumber kebutuhan ekonomi kerakjatan kita mesti se-bisa²nja kita penuhi sendiri dan kita tidak boleh terdjebak pada samar² pertumbuhan ekonomi, apalagi kalau hanja menuruti program penguwasa jang belum tentu sesuwai dengan harapan masjarakat lokal itu sendiri, tentu tuan dan nona sudah tahu bahwa bukan rahasia publik lagi kalau kerdja² riset dinegeri ini minim sekali, sehingga banjak program jang tidak tepat sasaran. Satu²nja kerdja riset jang bagus di negeri ini hanja riset soal politik, hal itu karena ditopang oleh pendanaan jang bagus, dan sialnja hasil riset itu lebih sering digunaken kembali untuk mentjurangi dan membodohi rakjat.
Disatu sisi pasar Krijek sendiri mendjadi sumber ekonomi jang berbasis kerakjatan jang mandiri. Namun djika dilihat dari disisi jang lain pasar Krijek djuga mentjiptakan dampak negatif pada lingkungan terdekatnja, pelbagai kenjataan dalem masjarakat itu tidak bisa kita dipungkiri, gambaran njata dari kenjataan jang ada ini membentuk tantangan baru untuk ditjari solusi bersama dalem kaitan untuk saling menguatken antar penduduknja agar terjalin asas manfaat jang saling ber-hubung²an dalem ikatan masjarakat jang saling menguntungken tanpa menimbulkan luka atawa kemungkinan bias kepentingan sesaat.
Comments
Post a Comment